Panduan Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat

Seperti kita ketahui bahwakehamilanterjadi karena adanya pertemuan antara sel sperma denga sel telur sehingga terjadi pembuahan. Untuk mencegah agar tidak terjadi pembuahan maka dapat menggunakan alat kontrasepsi sehingga dapat mencegah bertemunya sperma dengan sel telur dan dapat menghentikan produksi sel telur.

Nah, bagi anda yang ingin menggunakan alat kontrasepsi yang terkadang membuat anda ragu dan bingung. Di dalam artikel ini kami akan memberikan panduan memilih alat kontrasepsi yang tepat. Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan kontrasepsi, terlebih dahulu anda mengetahui efektivitasnya. Kontrasepsi akan membantu anda untuk mencegah kehamilan dengan cara yang tepat sesuai dengan intruktur. Sehingga kontrasepsi memiliki 3 pengelompokan fase yang dapat dijadikan panduan anda.

Berikut adalah 3 pengelompokan fase jenis kontrasepsi :

1. Menunda Kehamilan

Pada fase ini penggunaan alat kontrasepsi yaitu untuk menunda kehamilan. Kontrasepsi ini dapat digunakan untuk anda yang menikah muda dan berencana menunda kehamilan.

2. Menjarangkan Kehamilan

Fase menjarangkan kehamilan yaitu mengatur jarak kelahiran anak pertama ke anak selanjutnya. Kontrasepsi ini biasanya digunakan oleh ibu yang sedang menyusui atau ibu yang menunda kehamilan hingga jarak yang ideal.

3. Tidak mau hamil lagi

Fase untuk menghentikan kehamilan, ini dapat dikarenakan faktor kesehatan ibu. Pada alat kontrasepsi ini biasanya bersifat permanen.

Setelah anda mengetahui tujuan anda untuk memilih alat kontrasepsi, maka selanjutnya kami akan memberikan pernyataan yang dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih alat kontrasepsi.

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan dalam memilih alat kontrasepsi :

  1. Sesuaikan dengan kondisi suami anda. Intensitas hubungan suami-istri dapat menjadi pertimbangan bagi anda dalam memilih kontrasepsi. Hubungan suami-isteri yang jarang, misalnya karena tugas suami di luar kota dapat menggunakan pil Kb atau kondom.
  2. Mempertimbangkan kondisi ibu, pastikan ketika anda menggunakan kontrasepsi tidak sedang dalam keadaan hamil. Umumnya penggunaan kontrasepsi dimulai ketika ibu sedang menstruasi sehingga dapat memastikan tidak dalam keadaan hamil.
  3. Pilih kontrasepsi pil Kb tidak disarankan bagi anda yang pelupa. Penggunaan yang terus berkala dan membuat anda sering lupa sehingga seringkali memicu kehamilan.

Setelah mempertimbang beberapa faktor diatas, anda dapat memilih kontrasepsi yang sesuai :

1. Pil KB

Menggunakan pil Kb memberikan kelebihan bagi anda yaitu rendah efek samping dan aman dikonsumsi. Dengan menggunakan pil kb dapat mengatur haid. Sedangkan kekurangan menggunakan pil kb yaitu memberikan perasaan mual dan sakit kepala yang ringan. Selanjutnya resiko bagi anda yang pelupa akan meningkatkan resiko hamil.

2. KB suntik

Penggunaan kb suntik dapat menyesuaikan anda ketika masa menyusui dan dapat disesuaian sejak hari pertama haid. Sedangkan kekurangannnya seringkali menimbulkan flek dan memperhentikan haid.

3. Kondom

Ini merupakan alat kontrasepsi yang mudah anda lakukan. Melindungi dari penyakit menular seksual. Kekurangan penggunaan kondom adalah posisi yang pas hingga tidak mengalami kebocoran.

4. Intra Uterine Device (IUD)

Ini merupakan alat spiral yang membantu anda untuk menghalangi pembuahan. Hanya satu kali pasang dan efektif hingga 10 tahun. Kekurangan mengubah siklus haid anda selama 3 bulan pertama.

Setelah anda mengetahui berbagai jenis kontrasepsi, anda dapat berkonsultasi disesuaikan dengan kondisi anda dan suami kepada bidan/dokter. Sehingga membuat anda lebih aman dalam penggunaan kontrasepsi sesuai dengan tujuan anda.

Sumber :Panduan Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat – Bidanku.comhttp://bidanku.com/panduan-memilih-alat-kontrasepsi-yang-tepat#ixzz3YPUFcvTt

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s