Awas, Begini Bahayanya Bercinta dengan Pria yang Belum Disunat

Meski lebih sehat, banyak wanita mengeluh pria yang sudah disunat atau disirkumsisi lebih susah dirangsang karena sensitivitas alat kelaminnya berkurang. Tapi ini jauh lebih baik daripada bercinta dengan pria yang belum pernah disunat lho.

Mengapa begitu? “Yang kita tahu selama ini manfaat dari sirkumsisi hanya penurunan risiko infeksi saluran kencing saja. Tapi ternyata ada banyak lagi kegunaan lainnya,” ungkap Mary Jane Minkin, MD, dari Yale School of Medicine.

Untuk itulah belakangan sejumlah lembaga kesehatan seperti CDC di Amerika makin menggalakkan prosedur sirkumsisi ini kepada para orang tua dan pasien pria. Selain aman, peneliti juga telah membuktikan bila prosedur ini dapat mencegah penularan berbagai penyakit seks berikut biangnya, di antaranya HIV, herpes hingga HPV.

Tak heran Minkin juga sepakat bila ada yang menyimpulkan bahwa berhubungan intim dengan pria yang belum disirkumsisi sama artinya membebani diri sendiri.

“Karena pria yang belum disunat lebih mudah terserang penyakit seksual, sehingga mereka lebih mudah menularkannya juga,” tegas Minkin seperti dikutip dari Women’s Health Mag, Rabu (14/1/2015).

Kendati demikian Minkin mengingatkan pria yang sudah disirkumsisi pun tidak serta-merta boleh mengabaikan penggunaan pengaman ketika berhubungan seksual. “Mereka hanya berisiko lebih kecil terserang infeksi menular seksual atau menularkannya, namun kondom tetap harus dipakai,” paparnya.

Lagipula dalam kesempatan terpisah, dr Hanny Nilasari, SpKK dari Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)-RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) menjelaskan, alat kelamin pria yang tidak disunat juga perlu mendapat perhatian ekstra, yaitu harus lebih sering dibersihkan.

“Paling tidak sehari sekali dibasuh pakai sabun. Karena kulup penis yang tidak disunat bisa jadi sarang kuman,” ujarnya kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Namun untuk urusan kenikmatan bercinta, pengamat kesehatan seksual dari Universitas Tarumanegara Jakarta, dr Andri Wanananda, MS memastikan tak ada bedanya antara pria yang disunat maupun tidak.

“Kalau pada penis pria, kulupnya dipotong dan menyisakan bagian cincin penis ke atas. Ketika ereksi bagian kulup ini juga tertarik. Mungkin karena terbuka, jadi lebih mudah dan sering tergesek kena celana jadinya berkurang sensitivitasnya. Tapi pada dasarnya tidak ada masalah,” pungkasnya. detik.com

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s