Agar Ereksi Tahan Lebih Lama, Pria Dianjurkan Senam Kegel Seperti Ini

Jika biasanya senam kegel lebih diidentikkan dengan kaum hawa, maka kali ini studi terbaru justru menganjurkan para pria untuk melakukan latihan ini. Mengapa?

Studi mengungkapkan bahwa latihan dasar panggul membantu mengatasi masalah inkontinensia dan disfungsi seksual pada pria.

“Para pria melakukan latihan kardio untuk menyehatkan jantung, juga melakukan latihan beban untuk membentuk otot. Sayangnya kekuatan otot dasar panggul malah diabaikan,” ungkap urolog Dr Andrew L. Siegel, dikutip dari jurnal National Center for Biotechnology Information, Senin (15/12/2014).

Pria memiliki jaringan otot dasar panggul yang mirip seperti wanita. Otot-otot ini berfungsi untuk menopang punggung, perut, kandung kemih dan usus. Pada pria, otot-otot ini mengelilingi pangkal penis, yang kemudian akan bekerja aktif selama proses ereksi dan ejakulasi. Otot ini juga ‘bertanggung jawab’ terhadap aliran darah ke area penis.

Sama seperti semua otot lainnya, otot dasar panggul juga bisa melemah seiring pertambahan usia. Untuk mempertahankan kekuatan otot ini pria dianjurkan untuk melakukan senam kegel.

Teknik senam kegel tergolong sangat mudah dilakukan. Pertama, kontraksikan otot seperti menahan buang air kecil selama lima detik, kemudian kendurkan. Lalu, ulangi latihan tersebut setidaknya lima kali berturut-turut dengan meningkatkan lama waktu menahan buang air kecil 15-20 detik.

Latihan ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan serta stamina penis secara keseluruhan. Kegel bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke penis, serta yang terpenting untuk meningkatkan kemampuan mengontrol ejakulasi.

Dikutip dari Men’s Health, senam kegel bisa membantu mengencangkan otot-otot di dasar panggul yaitu pubococcygeal (PC). Senam kegel tergolong mudah karena dapat dilakukan di mana saja misalnya di meja kerja, di kursi, atau di belakang kemudi. detik.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s