Miss V yang Perih dan Lecet Usai Bercinta

Bercinta seharusnya menjadi sesi yang menyenangkan bagi suami istri. Namun bagi beberapa perempuan, bercinta bisa jadi menyakitkan, khususnya bagi perempuan yang baru saja menikah. Apa sih yang membuat bercinta menjadi menyakitkan?

Vagina yang perih dan lecet usai bercinta menjadi salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan pembaca detikHealth di Konsultasi Seksologi sepanjang 2014.

Pertanyaan ini antara lain disampaikan Tri, seorang perempuan menikah berusia 30 tahun: Dok, saya memiliki masalah dengan kulit di sekitar kewanitaan saya. Setiap habis berhubungan dengan suami, bibir kemaluan saya terasa perih dan lecet. Apa penyebabnya dan obat apa yang bisa digunakan?

dr Andri Wananda, MS, pengasuh Konsultasi Seksologi detikHealth dalam jawabannya menjelaskan lubrikasi atau pelendiran di vagina yang tidak optimal memicu lecetnya bibir vagina pada saat penetrasi dilakukan. Jaringan yang melapisi dinding dan bibir vagina sangatlah halus, sehingga mudah lecet bila penetrasi dilakukan saat vagina masih kering.

Agar vagina mendapatkan lubrikasi cukup, dr Andri menyarankan untuk memperlama durasi foreplay sebelum penetrasi. Tapi jika penetrasi telah lama dilakukan namun pelendiran vagina tak juga berlimpah, dicurigai terjadi peradangan atau inflamasi dinding vagina. Penyebab lainnya adalah kista atau benjolan bertangkai di dalam rongga vagina.

Jika diduga ada peradangan maupun kista di rongga vagina, sebaiknya dilakukan pemeriksaan di klinik kebidanan untuk memastikan penyebabnya. Nah untuk mengatasi perih vagina bisa digunakan salep atau krim yang biasa digunakan untuk bayi. Namun agar lebih aman jenis salep atau krim apa yang digunakan, bisa dikonsultasikan ke dokter kulit dan kelamin. detik.com

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s