Bercinta Saat Haid Tak Dianjurkan Oleh Dokter, Ini ‘Segudang’ Alasannya

Meskipun tampaknya tak ada masalah dan tetap bisa dilakukan, bercinta saat istri sedang haid sebenarnya tak dianjurkan oleh para dokter. Apa sebabnya?

Menurut seksolog Dr Andri Wanananda, MS, sebaiknya memang tidak melakukan hubungan intim saat istri sedang haid. Hal ini juga tidak dianjurkan meskipun periode haidnya sudah mau selesai alias haid belum bersih.

“Masalahnya, saat haid belum bersih pembuluh darah vagina masih terbuka. Gerakan-gerakan penis saat penetrasi bisa memicu terjadinya gelembung udara,” ungkap Dr Andri kepada detikHealth beberapa waktu lalu dan ditulis pada Minggu (30/11/2014).

Dilanjutkan oleh Dr Andri, gelembung udara ini bila menyelinap masuk ke dalam saluran darah dapat menyebabkan emboli, yakni sumbatan pembuluh darah akibat gelembung udara.

“Jika emboli terbawa aliran darah menuju jantung maka bisa menimbulkan efek berbahaya, salah satunya muncul sumbatan pada pembuluh darah arteri koronaria,” imbuh Dr Andri.

Selain itu, risiko lain seperti infeksi juga bisa terjadi. Disampaikan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS dr Soetomo Surabaya, dr Hari Nugroho, SpOG, secara medis haid adalah proses perdarahan, maka dari itu akan ada pembuluh darah yang terbuka dan rentan terjadi infeksi.

Risiko lain yang juga berbahaya adalah endometriosis. Endometriosis merupakan penyakit kronik di mana jaringan endometrium yang terdapat di dalam rahim ditemukan tumbuh di tempat lain dalam tubuh. Jaringan ini membentuk lesi endometrium yang sangat sering ditemukan pada indung telur dan semua organ di dalam panggul wanita.

“Darah haid yang seharusnya ditemukan di rahum dan keluar lewat vagina, ini malah naik lagi ke perut menjadi endometriosis. Makanya, jangan sekali-kali berhubungan intim saat haid,” tegas dokter spesialis kebidanan dan kandungan FKUI-RSCM, Prof Dr dr Ali Baziad, SpOG(K). detik.com

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s