Perabot yang Sering Digunakan di Rumah Ini Bisa Turunkan Libido Wanita

Merasa tidak punya gairah seks akhir-akhir ini? Coba periksa benda-benda di sekitar rumah Anda. Penelitian terbaru mengungkapkan, perabotan tertentu di dalam rumah berpotensi menyebabkan libido seseorang menurun. Perabot seperti apa?

Jika di rumah Anda terdapat banyak peralatan rumah tangga yang terbuat dari plastik seperti ember, baskom, perlengkapan makan atau rak sepatu maka perlu berhati-hati. Perabot yang terbuat dari plastik sebagian besar mengandung phthalates, yaitu zat kimia yang biasa digunakan untuk melemaskan dan melembutkan plastik agar mudah dibentuk.

Zat ini rupanya bisa masuk ke dalam sistem organ tubuh dan mengganggu keseimbagan hormon. Menurut World Health Organization, phthalates juga diketahui berpotensi meningkatkan risiko diabetes dan asthma. Anda bisa saja menghindari pemakaian perabotan dari plastik yang mengandung zat kimia berbahaya ini. Namun yang menjadi masalah, hampir semua benda di rumah terbuat dari plastik di antaranya tirai shower kamar mandi, wadah makanan, bahkan pelapis lantai.

Dr. Emily Barrett dari Univresity of Rochester School of Medicine meneliti libido dari 360 wanita hamil di usia 20 hingga 30-an tahun. Wanita yang tingkat paparan phthalates di dalam tubuhnya lebih tinggi, 2,5 kali lebih sering tidak bergairah untuk melakukan hubungan seks.

Seperti dikutip dari Your Tango, Dr. Emily mengatakan, “Ini cukup menarik karena zat-zat kimia ini hidup bersama kita setiap hari. Mereka ada di lingkungan kita dan setiap studi menunjukkan hasil yang sama (tingginya paparan phthalates di sekitar rumah). Sangat penting untuk diketahui bahwa bahan kimia ini kemungkinan besar berkontribusi terhadap rendahnya libido wanita.”

Lalu apa yang harus dilakukan untuk meminimalisir pengaruh buruk pemakaian perabotan plastik ini? Caranya hanya satu yaitu membatasi penggunaan benda-benda plastik di rumah. Misalnya tidak memakai piring saji untuk menghidangkan makanan, memilih peralatan makan dari kaca atau keramik, mengganti tirai kamar mandi dengan pintu dari kaca atau menukar baskom untuk mengolah makanan dengan barang yang terbuat dari metal atau kayu. Mencoba membatasi pemakaian benda plastik di rumah akan membawa perubahan besar pada kesehatan seksual Anda juga anggota keluarga lainnya.

Penemuan ini tentunya mengejutkan karena tidak banyak orang tahu tentang hubungan antara plastik dan penurunan libido. Penelitian lain juga menemukan hal-hal aneh lainnya yang bisa membuat gairah seks menurun bahkan hilang. Salah satunya bon restoran.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility mengungkap, pria yang terpapar zat kimia bisphenol A (BPA) dalam kadar banyak (biasanya ditemukan dalam urin) memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit dibandingkan pria yang level BPA di dalam sistem cernanya rendah. BPA juga kerap dihubungkan sebagai penyebab disfungsi ereksi dan rendahnya gairah seksual. Mungkin banyak yang belum tahu kalau BPA merupakan zat pelapis kertas pada bon pembayaran di restoran, supermarket maupun toko.

Ada pula lilin wangi atau aromaterapi. Beberapa lilin beraroma diketahui dapat ‘membunuh’ libido pria. Pada 2008, Universitas South Carolina State mengadakan tes kualitas udara pada lilin wangi. Mereka menemukan bahwa beberapa produk lilin wangi mengepulkan zat-zat berbahaya ke udara lewat asap hasil pembakaran lilin. Zat tersebut mengandung benzene dan toluene; komponen beracun yang biasa terdapat pada knalpot kendaraan bermotor. detik.com

Iklan

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s