Bakteri Kencing Nanah yang ‘Sakti Mandraguna’ Ditemukan di Australia

Bakteri gonorrhea penyebab kencing nanah merupakan salah satu kuman yang terus beradaptasi, dan belakangan dikhawatirkan mulai kebal terhadap obat-obatan. Jenis baru dari bakteri ‘sakti’ ini kembali ditemukan di Australia.

Jenis baru bakteri gonorrhea yang dinamakan A8806 ini ditemukan akhir 2013, pada seorang perempuan asal Eropa yang sedang melancong ke Australia. Perempuan ini mengunjungi klinik seksual karena mengalami gatal di vagina. Hasil tes menunjukkan, ia terinfeksi gonorrhea atau kencing nanah.

Hasil penelusuran menunjukkan, sepekan sebelumnya perempuan itu berhubungan seks di Australia dengan sesama pelancong dari Eropa.

Sementara itu, hasil analisis laboratorium menunjukkan jenis bakteri yang menginfeksi pasien punya kekebalan terhadap sejumlah antibiotika. Di antaranya penisilin, siprofloksasin, dan seftriakson.

“Kekhawatiran utama kami adalah, sangat mungkin jenis ini menyebar di luar Australia tanpa terdeteksi,” kata David Whiley, ahli infeksi dari Queensland Children’s Medical Research Institute di Brisbane, dikutip dariLivescience, Senin (10/11/2014).

Terkait infeksi gonorrhea, Australia dikenal mempunyai surveilance yang paling bagus dibandingkan negara lain di seluruh dunia. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin jenis bakteri yang baru ini sebenarnya ada juga di tempat lain.

Bakteri ‘sakti’ A8806 ini mempunyai kemiripan genetik dengan sesama bakteri sakti gonorrhea, yakni H041 yang ditemukan di Jepang pada 2009. Dalam 30-an tahun terakhir, tingkat kekebalan bakteri gonorrhea terus mengalami peningkatan. Salah satu penyebabnya adalah penggunaan antibiotik yang sembarangan.

Gonorrhea merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dicirikan dengan rasa gatal yang luar biasa di area kelamin yang disertai nanah. Infeksi ini menular antara lain melalui hubungan seks yang tidak aman.

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s