6 Tips Memperkenalkan Makanan Pada Bayi

Mengamati perkembangan bayi anda hingga kini beranjak memasuki fase baru dalam pertumbuhannya dimana bayi yang memasuki usia enam bulan dapat menerima makanan pendamping ASI. Pada usia enam bulan sistem pencernaannya telah sempurna sehingga mampu menerima asupan nutrisi selain dari ASI. Secara fisik bayi yang telah siap menerima makanan pendamping asi ditandai dengan kekuatan kepala yang sudah mulai stabil dalam posisi tegak kemuidan kemampuan menyimpan makanan di dalam mulut bayi yang kemudian ditelan dan biasanya sudah dapat duduk dengan bersandar, hal ini berhubungan dengan proses menelan yang baik dengan posisi yang tegak akan memudakan proses menelan pada bayi kemudian juga secara psikis bayi telah merasakan ketertarikan pada makanan tertentu dan tidak kenyang dengan asupan asi yang diberikan sehari. Meskipun bayi anda telah mendapatkan makanan pendampinga asi akan tetapi beberapa hal harus anda lakukan diantaranya adalah dengan memberikan adaptasi pada saluran pencernaan bayi anda dalam menerima makanan yang kini dikonsumsi bayi.

Berikut adalah tips yang bisa anda lakukan dalam memperkenalkan makanan pada bayi anda :
1.  Lakukan dimulai dari yang sederhana

Bagi anda yang akan memperkenalkan makanan pendamping asi sebaiknya diberikan dengan makanan yang sederhana seperti bubur saring tanpa garam atau gula. Meskipun anda meraskan bahwa hal itu adalah kurang menambah selera makan akan tetapi bagi bayi anda tidak menjadi masalah dikarenakan bayi anda belum mengenal rasa.

2.  Berikan sedikit demi sedikit

Ketika anda memperkenalkan makanan pendamping ASI sebaiknya berikan dalam porsi yang kecil dan frekuensi yang disesuaikan dengan pertambahan usianya. Pada pertama kali anda memberikan makanan pendamping asi dapat dengan dua atau tiga sendok teh, hal yang harus anda perhatikan adalah kualitas makanan dimana mencukupi kebutuhan gizi harian bayi anda.

3.  Memperhatikan makanan yang menyebabkan alergi

Bagi anda yang memiliki riwayat alergi terhadap makanan sebaiknya sangat memperhatikan konsumsi makanan pendamping asi pada bayi anda. Anda dapat memperkenalkannya dalam porsi yang sedikit dan sebaiknya tidak dicampur dulu dengan bahan bahan lain sehingga mengetahui dengan pasti makanan yang menyebabkan alergi. Misalnya anda dapat memberikan telur pada bubur saring bayi anda apabila mengalami alergi sehingga penyebab utamanya adalah alergi telur.

4.  Lebih baik diperkenalkan terlebih dahulu pada sayuran

Pengenalan sayuran dapat anda utamakan dari pada buah buahan karena rasa buah yang manis pasti dapat dengan mudah diterima oleh bayi sedangkan rasa sayur yang rasanya hambar  akan tetapi bukan berarti anda tidak diperkenalkan pada buah buahan, anda dapat mengimbanginya dengan memberikan sayuran dan buah secara bergantian.

5.  Jangan memberikan madu terlebih dahulu

Madu sebaiknya diberikan pada usia bayi anda tengah memasuki usia satu tahun dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam madu dikhawatirkan belum dapat diterima oleh pencernaan bayi anda. Kandungan di dalam madu yaitu sejenis bakteri yang dikhawatirkan akan menggangu saluran cerna yang dikenal dengan istilah toksin botulinnum.

6.  Berikan buah buahan dalam bentuk jus

Anda dapat memberikan buah buahan dalam bentuk jus sehingga lebih lunak, hindari menggunakan gula atau pemanis akan tetapi jangan terlalu sering apalagi untuk bayi yang baru diberikan makanan pendamping ASI karena akan mengurangi selera makan bayi anda.

*PRODUK PASUTRI HERBAL BOYKE*
Solusi Ejakulasi Dini, Impotensi, Lemah Ereksi,
Kualitas Sperma Rendah, Kista, Keputihan, Nyeri Haid
Normalkan Mens, Tambah Kesuburan
Cegah Kanker Serviks, Solusi Payudara Kendor,
Cegah Kanker Payudara.
*100% AMAN, HERBAL & LEGAL BPOM*
*Klik http://www.HerbalBoyke.com | 085 876 468 906 | 7DFD1BDF*

#foredi
#ejakulasidini

Sumber : 6 Tips Memperkenalkan Makanan Pada Bayi http://bidanku.com/6-tips-memperkenalkan-makanan-pada-bayi#ixzz3GkrySIhd

Iklan

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s