Saat Anak Trauma

Trauma dan rasa takut itu berbeda. Takut merupakan perasaan yang wajar dalam kehidupan sehari-hari dan masih bisa dikendalikan. Contohnya, takut pada binatang tertentu, ketinggian dan sebagainya. Namun, jika anak pernah bersinggungan langsung dengan apa yang ditakutinya, misalnya digigit binatang atau terjatuh dari ketinggian, maka pengalaman ini berpotensi menimbulkan trauma di kemudian hari. Saat kejadian, otak tak hanya merekam peristiwa dengan jelas, tetapi juga emosi yang luar biasa. Batasan perbedaan ini juga bisa ditinjau melalui jangka waktu—dampak takut akan lebih sebentar daripada trauma. Trauma dapat ditekan tetapi tak sepenuhnya dilupakan. Butuh waktu yang panjang untuk memulihkan trauma.

Balita dapat mengalami peristiwa buruk atau luar biasa dalam hidupnya, yang kemudian membekas bahkan meninggalkan trauma. Walau kejadian pahit yang dialaminya telah berlangsung lama, peristiwa itu sering kali membelenggu dan mengusik pikiran serta perasaannya. Jika berkepanjangan, tentu akan berdampak pada karakter psikologis dan perkembangan kognitifnya. Segera konsultasikan ke psikolog dan psikiater anak bila trauma sering mengganggu aktivitasnya. Berikut beberapa situasi yang dapat memicu trauma pada anak.

Trauma Rumah Sakit
Biasanya balita belum mampu mengatasi rasa ketidaknyamanan saat dirinya sakit. Di rumah sakit, beberapa kondisi dapat membuatnya semakin resah. Misalnya saat anak lain menangis bahkan histeris di ruang tunggu, juga perlakuan dan peralatan dokter, serta aroma rumah sakit pun juga bisa menjadi faktor penambah keresahannya. Rasa tak nyaman yang terus tersimpan bisa muncul kembali di kemudian hari, misalnya saat ia mencium aroma rumah sakit di suatu tempat. Sehingga aroma tersebut menyimpan beberapa hal yang bisa membuat anak berpikir betapa menakutkannya tempat tersebut. Ia pun bisa merasa mual, pusing atau merasakan pengalaman sakit seperti dahulu.

Penting dilakukan:
Perlahan, minta ia mengingat seperti apa trauma yang ia rasakan, sehingga Anda dapat mengetahui sisi rumah sakit mana saja yang membuatnya merasa tak nyaman. Satu hari saat ia sedang fit dan senang, ajak ia ke apotek atau klinik, lalu berikan arahan positif, “Saat sakit, kita memang akan merasa tidak nyaman. Kalau Arya mau cepat sembuh, kita ke dokter di rumah sakit, biar kamu bisa bermain bola dengan teman-teman lagi.”

*PRODUK PASUTRI HERBAL BOYKE*
Solusi Ejakulasi Dini, Impotensi, Lemah Ereksi,
Kualitas Sperma Rendah, Kista, Keputihan, Nyeri Haid
Normalkan Mens, Tambah Kesuburan
Cegah Kanker Serviks, Solusi Payudara Kendor,
Cegah Kanker Payudara.
*100% AMAN, HERBAL & LEGAL BPOM*
*Klik http://www.HerbalBoyke.com | 085 876 468 906 | 7DFD1BDF*

#foredi #gasa #tissumajakani #ladyfem #oris #fiforlif
#ejakulasidini #impoten #keputihan #cepathamil #kista #payudarakendor #perutbuncit

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s