Sukses Memberi MPASI

Sukses Memberi MPASI  | MotherAndBaby.co.id

Untuk melengkapi nutrisi bagi tubuh Si Kecil, World Health Organisation merekomendasikan bayi bisa diberikan MPASI di usia 6 bulan. Sudah menyiapkan bahan-bahan makanan bergizi serta peralatan makan nan lucu untuk Si Kecil? Dilansir melalui M&B UK, berikut langkah-langkah yang bisa Anda agar Si Kecil tertarik pada makanan pertamanya.

Tetap tenang dan tersenyum
“Anda sedang memperkenalkan Si Kecil sesuatu yang penting dalam hidupnya, jadi cobalah untuk tenang,” ujar ahli gizi Judy More. Si Kecil lebih membaca ekspresi wajah Anda ketimbang mengerti apa yang Anda bicarakan. Jadi kalau Anda terlihat ragu-ragu dan cemas saat menyuapinya, ia akan ikut khawatir sesuatu yang buruk sedang terjadi. Senyum Anda akan membuatnya nyaman dan merasa senang.

Beras lebih baik
Beras adalah makanan awal yang cukup baik untuk Si Kecil. Rasanya yang cukup netral dapat memudahkan Anda mencampurnya dengan jenis makanan lain. Selain itu Si Kecil pun dapat merasakan tekstur yang cukup lembut dari nasi yang dihaluskan. Jika ia tidak menyukainya, encerkan nasi sehingga menyerupai susu kemudian secara bertahap berikan yang lebih padat.

Jangan marah jika berantakan
Meja makan dan Si Kecil pasti akan berantakan ketika waktunya makan. Apabila terjadi seperti ini, jangan emosi ya, Moms. Yang bisa Anda lakukan adalah mencoba mengalasi permukaan meja dan lantai di sekitar kursinya dengan plastik yang bersih lalu memakaikan celemek agar baju Si Kecil tidak terlalu kotor.

Pelan-pelan
Tracey Murkett, salah satu penulis dalam buku Baby-Led Weaning, mengungkapkan bayi sedang mempelajari banyak ketrampilan berharga saat waktu makan, misalnya menggenggam dan mengunyah makanan. “Membiarkan ia makan dengan caranya berarti Anda memberikan waktu padanya untuk berkonsentrasi. Ini juga bisa membuat Si Kecil mempelajari kapan ia merasa kenyang,” tuturnya.

Tidak masalah dengan porsinya
Judi menyebutkan, “Jangan terlalu cemas dengan berapa banyak asupan yang masuk saat bayi makan. Ketika ia makan lebih banyak, ia akan lebih sedikit minum ASI, begitupun sebaliknya. Semuanya akan seimbang. Lihatlah pemberian MPASI pertama sebagai kegiatan untuk mempelajari ketrampilan baru, bukan kompetisi makan sebanyak mungkin.”

Sesi pertama hanya pengenalan
Anda tidak boleh berpikir dengan membuat Si Kecil kelaparan ia akan mau makan saat percobaan pertama. Tetap berikan ASI setengah jam sebelum sesi makan supaya ia tidak merasa kesal bila belum bisa menelan makanan yang diberikan. Percobaan pemberian MPASI pertama sebenarnya hanya merupakan pengenalan Si Kecil pada sensasi dan rasa makanan, bukan keharusan untuk makan.

Terus latihan
Apabila makanan langsung keluar lagi saat ia belajar makan, Si Kecil hanya perlu latihan yang banyak ya, Moms. “Ia membutuhkan waktu untuk belajar menggerakkan lidahnya ke belakang untuk menelan makanan, bukan mendorong lidahnya keluar seperti saat sedang menyusu dari botol atau payudara,” sebut Judy.

Campur makanannya
Jika bayi Anda menolak pada satu makanan tertentu, jangan langsung menyerah. “Cobalah untuk menombinasikan beberapa rasa baru pada jenis makanan favoritnya,” saran ahli nutrisi Ravinder Lilly. Sebagai contoh, kalau Si Kecil suka pisang tapi tidak suka alpukat, campur kedua jenis makanan tersebut lalu selanjutnya kurangi jumlah takaran pisang.

Makan bersama teman-teman
Salah satu cara terbaik agar bayi mau mencoba makanan adalah dengan mengajaknya makan bersama teman-temannya. Ahli nutrisi M&B Lowri Turner menjelaskan apabila Anda memiliki teman yang bayinya sedikit lebih besar dari Si Kecil, ajak mereka makan siang bersama. Siapa tahu saat melihat bayi lain makan, ia pun bersemangat ingin makan juga.

Seimbangkan rasa manis
Hampir seluruh bayi lebih memilih makanan yang manis, namun penting bagi Anda untuk menawarinya makanan yang tidak manis terlebih dahulu. Sebab saat ia sudah mengenal manisnya rasa anggur, ia tidak akan mau mengunyah brokoli. Cobalah mencampur sayuran dengan beberapa buah yang manis untuk mengurangi rasa getir pada sayuran. Atau Anda bisa memberikan sayuran yang tidak terlalu pahit, seperti labu dan kentang.

Biarkan ia menyentuh makanannya
Meski pasti akan berantakan di mana-mana, Anda harus membiarkan bayi menyentuh makanannya. “Sangat vital untuk bayi belajar mengenali dan beradaptasi pada beragam tekstur, begitu juga dengan rasa. Ia pun akan lebih berani untuk mencoba makanan baru seiring pertumbuhannya,” ungkap Judy. (Sagar/DT/Dok. M&B)

*PRODUK PASUTRI HERBAL BOYKE*
Solusi Ejakulasi Dini, Impotensi, Lemah Ereksi,
Kualitas Sperma Rendah, Kista, Keputihan, Nyeri Haid
Normalkan Mens, Tambah Kesuburan
Cegah Kanker Serviks, Solusi Payudara Kendor,
Cegah Kanker Payudara.
*100% AMAN, HERBAL & LEGAL BPOM*
*Klik http://www.HerbalBoyke.com | 085 876 468 906 | 7DFD1BDF*

#foredi #gasa #tissumajakani #ladyfem #oris #fiforlif
#ejakulasidini #impoten #keputihan #cepathamil #kista #payudarakendor #perutbuncit

Iklan

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s