Gara-gara Ganja, Bentuk Sperma Bisa Berubah

Jakarta, Tanaman ganja umum digunakan untuk kepentingan medis karena fungsinya meredakan rasa sakit, namun menurut beberapa temuan terakhir ganja ternyata memiliki dampak buruk pada kesuburan pria.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Allan Pacey, seorang pengajar senior dari Universitas Sheffield, Inggris, menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi ganja atau yang bahasa ilmiahnya cannabis sativa berkemungkinan lebih besar menghasilkan sperma dengan bentuk tidak wajar.

Bentuk sperma berpengaruh pada kemampuan sperma tersebut membuahi sel telur. Sperma yang bentuknya tidak normal sulit untuk berhasil membuahi sel telur sehingga dapat berakibat kemandulan atau infertility pada pria.

Penelitian dilakukan pada 1.970 pria yang memberikan semennya sebagai bentuk partisipasi tes kesuburan. Sekitar 318 pria dari total keseluruhan memiliki bentuk sperma yang tidak wajar.

Studi yang dilakukan oleh Pacey lebih jauh menemukan 318 pria yang spermanya tidak normal berusia kurang dari 30 tahun dan telah mengonsumsi ganja sekurang-kurangnya tiga bulan sebelum tes dilakukan.

“Ganja mempengaruhi salah satu proses yang menentukan ukuran dan bentuk sperma. Selain itu ganja dimetabolisme berbeda pada pria subur dan tidak subur,” ujar Pacey seperti dilansir dari CNN, Jumat (13/6/2014).

Selain ganja, peneliti juga mencari penyebab lain yang dapat menyebabkan kelainan bentuk pada sperma seperti kebiasaan merokok, alkohol, penggunaan narkotik, sejarah pekerjaan, massa tubuh atau Body Mass Index (BMI), riwayat kesehatan, dan jenis celana dalam yang biasa digunakan. Kesimpulan yang didapat adalah faktor-faktor tersebut tidak berpengaruh pada kualitas sperma.

“Satu-satunya yang kita temukan adalah resiko yang seorang pria dapat alami karena ganja,” tambah Pacey.

Iklan

Tag:, , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s