Tak Hanya Jalanan, Alat Kelamin pun Bisa ‘Macet’ Saat Bercinta

Jakarta, Macet sering dikeluhkan orang yang berkendara di kota besar seperti Jakarta. Ternyata tak hanya kendaraan yang bisa terjebak macet, alat kelamin pun bisa mengalaminya saat sedang bercinta. Kenapa bisa begitu?

Alat kelamin ‘macet’ saat bercinta sering dikenal dengan gancet. Gancet merupakan istilah awam tentang penis tidak bisa ditarik keluar saat berhubungan dengan pasangan wanita.

“Gancet itu disebabkan karena kekejangan yang bisa berasal dari trauma misalnya ketakutan akan ketahuan dan akhirnya salah satu efeknya kram,” ujar dr Andri Wanananda, MS, kepadadetikHealth, Rabu (4/6/2014).

Dalam ilmu kedokteran seksual dikenal salah satu jenis disfungsi seksual wanita vaginismus, yaitu ‘spasme involunter’ atau kekejangan yang tidak terkontrol pada otot introitus vagina yang membuat nyeri pada liang vagina ketika penetrasi penis atau penis tidak bisa sama sekali penetrasi.

Menurut dr Andri, vaginismus paling sering menyebabkan penis tidak bisa penetrasi ke dalam vagina. Tapi ada sebagian kecil wanita yang mengalami spasme involunter saat penis sudah penetrasi vagina.

“Agaknya hal ini yang terjadi di kalangan awam yang menyebutnya sebagai ‘gancet’,” jelas seksolog sekaligus pengajar dari Universitas Tarumanegara ini.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, dr Andri menyarankan si wanita relaksasi agar vagina bisa kendur sehingga penis bisa terlepas. Vagina yang kejang atau kram sama halnya seperti otot saat kejang sehingga harus relaksasi.

Iklan

Tag:, , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s