Manfaat Berhenti Merokok Pada Ereksi di Kelamin Pria

Jakarta, Pada peringatan kesehatan di bungkus rokok telah dijelaskan bahwa merokok dapat menyebabkan impotensi atau disfungsi ereksi pada kelamin pria. Lalu bagaimana efeknya bila kebiasaan merokok dihentikan?

Merokok selama bertahun-tahun dapat menyumbat arteri dalam tubuh manusia. Ketika aliran darah tersumbat, organ lain pun mulai gagal bekerja karena kekurangan asupan darah dan oksigen.

Ketika berhubungan dengan pengaruh rokok, penis tak ada bedanya dengan organ tubuh lain. Bahkan, penis berada pada risiko lebih tinggi dibanding bagian tubuh lain karena arteri yang mengalir lebih sempit atau tipis. Artinya, arteri penis adalah yang pertama terpengaruh oleh racun rokok.

“Perokok berat (heavy smoker) akan mengalami gangguan aliran darah ke batang penis karena kerusakan jaringan pembuluh darah yang mengatur mekanisme ereksi penis,” jelas dr Andri Wanananda, MS, seksolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, kepada detikHealth, Jumat (11/4/2014).

Timbulnya disfungsi ereksi harus menjadi alasan yang sangat kuat bagi pria untuk berhenti merokok. Disfungsi ereksi harus diperlakukan sebagai tanda peringatan bahwa tubuh sedang mencoba untuk memberitahu arteri mulai tersumbat dan akhirnya akan mulai menyumbat arteri yang lebih besar juga.

“Bila kerusakan jaringan pembuluh darah belum melampaui ambangnya (threshold), dengan berhenti merokok kualitas ereksi penis akan kembali normal secara bertahap,” tambah dr Andri.

Efek merokok biasanya akan sangat berpengaruh pada pria yang merokok lebih dari 3 batang sehari, berumur di atas 30 tahun, apalagi bila disertai dengan kelebihan berat badan. Memiliki banyak lemak dalam tubuh membuat jantung bekerja lebih keras karena harus memompa darah lebih cepat dibanding tingkat normal untuk mendorong melalui arteri yang tersumbat.

Tag:, , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s