Survei: Kesehatan Seks Orang Obesitas Paling Buruk

Paris, Obesitas seperti menjadi epidemi di penjuru dunia, tak peduli bagi penduduk negara miskin atau maju sekalipun. Di Amerika saja, orang dewasa yang mengalami kegemukan jumlahnya mencapai dua per tiga. Padahal menurut sebuah survei, kesehatan seks orang-orang ini adalah yang terburuk.

Bagaimana tidak, dari survei tersebut peneliti mengungkap wanita yang kegemukan empat kali lebih besar berisiko mengalami kehamilan yang tak terencana dan tak diinginkan, sedangkan pria obes lebih sering terserang penyakit seksual ketimbang pria yang berat badannya ideal.

Tim peneliti yang dipimpin oleh Profesor Nathalie Bajos dari National Institute for Health and Medical Research (INSERM) Prancis itu menemukan fakta mengejutkan tersebut setelah mensurvei perilaku seksual dari 12.364 pria dan wanita berusia 18-69 tahun di Prancis pada tahun 2006.

Separuh dari responden mempunyai berat badan normal, dengan indeks massa tubuh (BMI) antara 18,5 hingga 25. Namun 2.500 responden lainnya tergolong kelebihan berat badan (BMI antara 25-30) dan mereka yang termasuk obesitas atau skor BMI-nya lebih dari 30 mencapai 750 orang.

Selain temuan di atas, fakta kedua yang ditemukan peneliti adalah pria obes yang berpeluang 50 persen lebih besar terkena disfungsi ereksi. Sedangkan pria obes yang rentan terserang penyakit menular seksual rata-rata adalah yang berusia di bawah 30 tahun.

Namun seperti dikutip ABC.net, Senin (7/4/2014), tren penurunan kesehatan seksual pada wanita kegemukan berbeda dengan pria. Tingginya BMI tidak menyebabkan para wanita mengalami disfungsi seksual. Hanya saja wanita obes berusia di bawah 30 tahun lebih malas berkonsultasi tentang penggunaan kontrasepsi, di samping sering mengalami kehamilan tak terencana tadi.

Prof Bajos menduga hal ini bukan semata karena masalah berat badan tapi lebih kepada faktor psikologis dari si obes sendiri. Tekanan sosial, rendahnya kepercayaan diri dan imej tubuh yang buruk membuat kesehatan seksual mereka ikut menurun.

Iklan

Tag:, , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s