Tak Hanya di Wajah dan Tangan, Bintil pun Bisa ‘Mampir’ di Alat Kelamin

Jakarta, Bintil layaknya komedo atau kutil biasanya sering dialami banyak orang di tangan, kaki, atau wajah. Lebih dari itu, bintil pun bisa terjadi di alat kelamin lho.

Dikatakan dr Eddy Karta SpKK, bintil pada alat kelamin adalah kondisi normal tapi bisa pula akibat virus bahkan tumor. Jika bintil menyerupai komedo, menurut dr Eddy adalah kondisi variasi normal yang disebut pearly penile papules.

“Bintil ini bukanlah komedo jadi tidak perlu dikeluarkan isinya. Ini terjadi karena proses keratinisasi atau kulit yang mengeras,” tutur dr Eddy kepada detikHealth, Selasa (8/4/2014).

Bintil yang normal juga bisa menyerupai kutil dan tumbuh di alat kelamin pria misalnya di bagian batang penis, kepala penis, dan buah zakar. Bintil ini merupakan minyak kulit yang disebut sebum yang terdapat di dalam kelenjar sebum.

Layaknya kulit wajah, menurut dr Eddy kulit di daerah kemaluan juga bisa memproduksi kelenjar minyak. Untuk mengatasinya bisa dengan cara destruktif tapi perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter agar diberikan terapi sesuai kondisinya.

Sementara itu, bintil yang disebabkan oleh virus akan berbentuk seperti daging tumbuh yang tidak nyeri saat ditekan tapi akan membesar. Bentuk lain bintil akibat virus bisa juga menyerupai daging tumbuh yang mengelilingi kepala alat kelamin dan bukan merupakan penyakit menular.

“Kalau bintil putih yang ditekan nyeri misalnya ada di belakang lubang penis bisa disebut tumor. Tapi tidak serta merta ganas dan perlu ditakuti,” ujar dr Eddy.

Pasalnya, tumor ada dua jenis yakni jinak dan ganas. Nah, bintil yang tidak bertambah banyak, nyeri saat ditekan dan membesar perlu diperiksakan ke dokter supaya bisa mendapat diagnosa pasti apakah tumor tersebut termasuk jenis jinak atau ganas.

Iklan

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s