Posisi Bercinta Bisa Tentukan Jenis Kelamin Bayi?

Jakarta, Ada banyak cara yang dipercaya dapat menentukan jenis kelamin bayi yang bakal dikandung, termasuk posisi saat bercinta. Benarkah demikian?

“Hingga saat ini posisi-posisi hubungan seksual tidak bisa menentukan jenis kelamin bayi yang didambakan oleh pasangan suami istri,” tegas dr Andri Wanananda, MS, seksolog dari Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, kepada detikHealth, Selasa (8/4/2014).

dr Andri menjelaskan, sel jantan (spermatozoa) mengandung kromosom (cikal bakal jenis kelamin) X dan Y, sedangkan sel betina (ovum) mengandung kromosom X saja.

Bila sperma bersatu dengan ovum akan terjadi 2 kemungkinan, ovum dibuahi oleh sperma yang mengandung kromosom Y, yang akan terbentuk bayi laki-laki. Bila ovum dibuahi oleh sperma yang mengandung kromosom X, akan terbentuk bayi perempuan. Jelasnya, kemungkinan terjadi bayi laki-laki atau perempuan adalah 50/50.

“Kemajuan ilmu kedokteran biomolekuler akan menentukan teknologi penentuan jenis kelamin bayi yang diinginkan oleh pasangan suami istri di masa depan,” tambah dr Andri.

Tapi menurut dr Andri, memang ada beberapa penelitian yang belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Misalnya, jika ingin mendapatkan anak perempuan dikatakan melakukan sanggama 2-3 hari sebelum masa subur dan memilih posisi misionaris (posisi konservatif perempuan di bawah, pria di atas). Posisi ini diyakini menciptakan penetrasi dangkal yang membuat kromosom Y tidak bisa mencapai sel telur. Sedangkan sanggama mendekati masa subur dipercaya bisa mendapatkan anak laki-laki.

Pilihan posisi penetrasi dari belakang diyakini sebagai cara penetrasi yang dalam yang membuat kromosom Y bisa cepat menuju sel telur dibanding kromosom X.

“Tapi cara-cara seperti ini belum terbukti secara ilmiah,” tutup dr Andri.

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s