Gatal di Kemaluan? Mungkin Ada Kutu Atau Rambutnya Salah Tumbuh

Salah satu keluhan ringan tetapi sangat mengganggu adalah gatal di sekitar kemaluan. Bisa jadi memang menandakan infeksi berbahaya, tetapi tak jarang cuma karena sebab sederhana seperti ada kutu dan rambut pubis yang salah tumbuh.

Berikut ini beberapa penyebab gatal di kemaluan seperti disarikan detikHealthdari MayoClinic dan Healthxchange, Minggu (29/12/2013).

1. Kutu

Wujudnya sangat kecil, tetapi ulahnya sangat menjengkelkan. Kutu rambut kemaluan adalah parasit yang akan memaksa seseorang untuk menggaruk-garuk daerah rambut pubis khususnya jika tidak terawat dan terjaga kebersihannya.

“Kutu ini kadang menular melalui kontak seksual dengan seseorang yang terinfeksi. Gejalanya gatal dan kadang ada bercak darah atau bintik hitam di celana dalam yang merupakan kotoran kutu,” kata Dr Pang Shiu Ming, seorang dermatolog dari Singapore General Hospital.

2. Herpes genital

Gatal-gatal yang menyerang kemaluan laki-laki bisa juga disebabkan oleh herpes kelamin. Ada beberapa jenis virus yang memicunya, antara lain Herpes Simplex Virus tipe 1 (HSV-1) atau tipe 2 (HSV-2). Ruam-ruam di sekitar ujung kelamin menjadi salah satu gejalanya.

3. Kutil kelamin

Sama seperti herpes kelamin, kutil kelamin juga bisa ditularkan oleh virus melalui kontak seksual. Kutil seperti ini sering muncul di bagian ujung penis dan kulit penutupnya, bagi yang tidak atau belum disunat. Kadang-kadang, muncul pula di daerah pubis atau area tumbuhnya rambut kemaluan.

4. Candidiasis

Infeksi jamur candida tidak hanya menyerang organ genital perempuan, melainkan juga laki-laki. Serangan candidiasis pada kemaluan laki-laki kerap pula mengindikasikan gejala penyakit lain yakni diabetes mellitus.

5. Rambut salah tumbuh

Folliculitis adalah istilah medis untuk iritasi folikel atau kantong rambut. Penyebabnya antara lain teknik mencukur rambut kemaluan yang salah sehingga rambut tumbuh terbalik, menusuk ke dalam kulit. Kondisi ini bisa juga disertai oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus.

Iklan

Tag:, , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s