Beginilah Ciri-ciri Alat Kelamin Pria yang Seha

Jakarta – Bagi pria, penis merupakan salah satu aset terpenting dalam hidupnya. Nah, agar bisa menjalankan fungsi seksualnya dengan baik, maka alat kelamin pun juga harus sehat pastinya. Lantas, bagaimanakah ciri-ciri kelamin pria yang sehat?

Dirangkum detikHealth, Jumat (15/11/2013), ini dia ciri-ciri kelamin pria yang sehat:

1. Ukuran Penis

Menurut seksolog dari Mumbai, India, Dr Deepak. K. Jumani, ukuran rata-rata penis saat tidak ereksi adalah 8,89 hingga 9,9 cm. Namun dalam beberapa kasus ada pria yang memiliki panjang penis saat tidak ereksi di bawah angka tersebut. Nah, ukuran rata-rata penis saat ereksi memang bervariasi, namun rata-ratanya adalah 14,7 cm.

2. Kulit Testis Berkerut

Kulit testis atau skrotum yang sehat yaitu berkerut. Sebab, saat ditarik, skrotum yang berkerut  permukaannya luas dan keadaan itu bisa mempermudah mengeluarkan panas. Dengan mudah mengeluarkan panas, maka hal itu akan menjaga suhu testis. Nah, agar spermatogenesis bisa bekerja dengan optimal, suhu testis harus empat derajat lebih rendah dari suhu tubuh.

3. Kondisi Penis Saat Ereksi

Jika Anda para pria memiliki penis bengkok seperti pisang saat ereksi, tidak perlu khawatir. Sebab tidak semua penis posisinya lurus ketika ereksi. Tapi jika lengkungannya aneh sehingga membuat Anda sulit untuk berhubungan seks, perlu berkonsultasi ke dokter. Sebab, penis bengkok bisa terjadi karena penyakit Peyronie menyebabkan penyempitan atau kelengkungan penis.

4. Warna Skrotum Hitam

Skrotum atau kulit testis yang baik yaitu yang berwarna hitam, dalam artian warnanya lebih hitam dari warna kulit perut. Hal itu memanadakan bahwa skrotum berpigmen. Ini menunjukkan bahwa adanya kecukupan dari hormon testosteron yang berperan dalam pembentukan sperma. Jika hormonnya cukup, maka sperma yang dihasilkan pun baik dan jumlahnya cukup.

5. Sudut Ereksi

Ketika penis tegak terdapat ligamen yang mempertahankan penis ke sudut tertentu. Untuk hubungan seksual yang baik, sudut rata-rata penis adalah 106,8 derajat. Cara mengukur sudut ereksi adalah dengan berdiri tegak, sandarkan punggung ke dinding dan mulailah pengukuran. Perlu diingat bahwa sudut penis ini bisa berbeda antara satu pria dengan pria lainnya.

“Ukuran penis hanyalah angka. Meskipun penisnya kecil namun masih mungkin memiliki kemampuan untuk menyentuh setiap sudut vagina,” ujar Dr Deepak.

6. Ereksi di Pagi Hari

Penis yang sehat memiliki ‘jalan pikirannya’ sendiri. Tanpa harus terangsang penis bisa ereksi. Inilah maksud dari penis punya ‘jalan pikiran’ sendiri. Menurut banyak dokter dan peneliti, penis dikendalikan oleh sistem saraf. Karena itulah ereksi terjadi secara acak, terutama ereksi pagi hari disebabkan oleh peningkatan impuls di otak yang mempengaruhi sistem saraf

7. Testis Menggantung

Memang tidak ada ketentuan testis harus menggantung berapa derajat. Namuh, dengan posisi menggantung, otot di testis bisa bekerja dengan baik. Misalkan di daerah bersuhu dingin, otot akan menarik testis agar lebih menempel ke tubuh dan suhunya tetap empat derajat lebih rendah dari suhu tubuh. Begitu juga saat suhu panas, maka testis akan diturunkan supaya agak menjauh dari tubuh.


Iklan

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s