Apa yang Terjadi Saat Mimpi Basah?

TANYA : Dokter, saya ingin bertanya tentang fenomena mimpi basah pada setiap pria. Apakah pengeluaran sperma dari tubuh laki-laki tersebut terjadi secara otomatis/alamiah? Apakah pengeluaran sperma dari mimpi basah dapat terjadi rutin, misalnya setiap berapa bulan/minggu? Apakah itu juga dipengaruhi oleh tingkat kematangan sperma masing-masing…. Mohon jawabannya, Dok…. Terima kasih.

 

Lutfi (23) Yogyakarta

 

JAWAB :

Peristiwa yang oleh masyarakat disebut “mimpi basah” sebenarnya adalah terjadinya orgasme (yang pada laki-laki disertai keluarnya sperma) ketika tidur. Karena itu, peristiwa ini bukan hanya dialami oleh pria, melainkan juga oleh perempuan. Bedanya, pada perempuan tidak disertai keluarnya sperma seperti pada pria.

Peristiwa ini berawal dari adanya rangsangan seksual, baik fisik maupun psikis, yang diterima oleh seseorang selama tidur. Rangsangan seksual kadang-kadang diekspresikan dalam bentuk mimpi erotis. Jadi, sama sekali tidak ada hubungan dengan proses pembentukan sperma atau supaya sperma dikeluarkan secara rutin.

Orgasme selama tidur dapat terjadi dalam periode tertentu, tergantung munculnya dorongan seksual dan rangsangan seksual yang diterima. Karena itu, orang yang sudah menikah atau melakukan hubungan seksual secara teratur lebih jarang atau tidak lagi mengalami mimpi erotis sampai orgasme itu.

Iklan

Tag:, , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s